Pengertian Overclock

Pengertian Overclock

Pengertian Overclock adalah sebuah proses Overclock untuk membuat sebuah perangkat berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada spesifikasi yang dimilikinya. Secara prinsip, Overclock digunakan untuk membuat kinerja PC menjadi lebih tinggi. Selain itu, Overclock dapat juga dianggap sebagai langkah untuk memaksa komputer melebihi kemampuan aslinya. Overclock biasanya diukur menggunakan satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Biasanya komponen yang sering di Overclock adalah RAM,VGA, dan Prosessor.

Clock Speed adalah hasil perkalian multiplier dengan bus speed. Misalka prosessor bertipe AMD Athlon II X2 250 yang memiliki Clock speed hingga 3 Ghz. Clock Speed tersebut didapatkan dari hasil perkalian Multiplier X15 dengan bus speed 200 Mhz. Secara default, Mayoritaas prosessor AMD yang ada saat ini memiliki nilai bus speed 200 Mhz dengan nilai multiplier yang berbeda. Anda dapat melakukan Overclock atau Overclocking dengan menaikan salah satu parameter atau keduanya. Tapi tidak semua parameter multiplier pada prosessor dapat dinaikan, hanya tipe tertentu saja, dimana untuk platform AMD di kenal dengan tipe Black Edition ( BE ).

Yang perlu diperhatiakan, Overclocking ini memiliki efek samping membuat sistem menjadi tidak stabil yang berakibat buruk yaitu kerusakan pada komponen yang ada, terutama motherboard, RAM, Prosessor, dan VGA. Walaupun begitu, dengan langkah dan pengenalan batasan komponen hardware, hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

Itulah Pengertian OverClock yang teknologi komputer tahu. Terimakasih atas kunjungannya di blog saya yang sederhana ini.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Back To Top