Komponen CPU

Komponen CPU

CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit yang berperan penting dalam proses kerja sebuah komputer. Cpu itu sendiri bisa dikatakan perangkat keras yang dapat memahami dan melaksanakan segala perintah dari perangkat lunak. Adapun fungsi dari perangkat keras ini ialah seperti kalkulator, hanya saja daya Cpu lebih kuat. Cpu juga mempunyai fungsi utama yang dapat melakukan aritmatika dan logika terhadap data-data yang diambil dari perangkat keras lainnya. Contoh dari perangkat keras lain ialah Keyboard, Pemindai maupun mouse.

Didalam Cpu juga terdapat beberapa komponen-komponen yang mengaitkan dan membentuk sebuah sistem agar komputer bisa / dapat beroprasi dengan baik. Komponen yang membentuk sistem komputer ini ialah Processor, Power supply, Motherboard, Input dan Output port, Harddisk, Floppy Disk dan CD-ROM. Adapun fungsi-fungsi dari komponen-komponen tersebut ialah :

  • Processor 
Processor adalah perangkat keras komputer atau bisa juga dikatakan otaknya sebuah komputer. Kenapa? karena jika sebuah komputer tidak mempunyai processor maka komputer pun tidak akan bekerja atau beroprasi. Processor juga mempunyai berfungsi tersendiri yaitu melaksanakan perintah dan operasi data dari perangkat lunak. Data-data tersebut dapat berupa tulisan, gambar dan angka.
  • Power Supply
Power Supply adalah komponen yang menyediakan atau menyuplai arus listrik untuk komponen yang terdapat didalam Cpu. Cara kerja dari Power Supply ini hanyalah mengecek sebelum proses sistem start, jika pengecekkan telah selesai, maka Power Supply akan mengirim pesan ke motherboard.
  • Motherboard
Motherboard adalah bagian dari perangkat keras yang berupa papan. Motherboard ini juga hal yang paling penting dalam sebuah komputer. Pasalnya di Motherboard ini digunakan untuk meletakkan atau menempatkan Komponen-komponen elektronik pada komputer. Dapat dikatakan Motherboard berfungsi untuk membuat komponen yang lain menjadi terhubung atau saling berhubungan.
  • Input dan Output port
Input dan Output Port adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lain.
  • Harddisk
Harddisk adalah sebuah Komponen yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan berisi piringan magnetis. Jadi jika Anda tidak dapat Merawat harddisk dengan benar, maka semua data-data yang ada didalam komputer Anda akan hilang selamanya. Harddisk menyimpan data hampir sama dengan CD/DVD, tetapi Piringan harddisk diberi dengan bahan magnetik yang halus di permukaannya. Untuk menjaga harddisk agar lebih ringan dalam pekerjaannya, Anda dapat Mendefrag Harddisk Komputernya selama 1 kali seminggu.
  • Floppy Disk
Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpan magnetik bulat,tipis,lentur dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk segitiga atau persegi panjang.
  • CD ROM
CD ROM adalah sebuah piringan optik yang dapat menyimpan data hingga 4 GB.
  • VGA Card
VGA Card juga merupakan hal terpenting dalam komputer. Karena jika di dalam komputer Anda tidak tertanam atau tidak memiliki VGA Card, maka tampilan awal komputer Anda akan blank.VGA Card bersifat slot tambahan atau bawaan dari Motherboard. Kadang-kadang jika Anda beli VGA Card, pasti ada VGA Card yang di bagian sampingnya terdapat kipas kecil. Kipas yang berada di bagian samping VGA Card tersebut berfungsi untuk pendingin VGA Card tersebut. 
  • RAM
Random Acces Memory atau yang kerap disebut dengan RAM ini adalah salah satu memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Fungsi dari RAM ini adalah tempat untuk menyimpan data yang telah diakses oleh CPU. RAM menyimpan data-data Anda secara sementara dan RAM  mengakses data Anda dengan acak atau tidak berurutan.
  • Sound Card
Sound Card ini berfungsi untuk mengontrol semua audio pada komputer anda dan juga berfungsi menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan suara di komputer Anda.

Nah gimana sob?? bagus tidak hehe. Catatan: Semua Komponen Cpu fungsinya tetap sama walau pun Anda menggunakan PC maupun Laptop, Kan PC dan Laptop seperti saudara hehe. Semoga Anda dapat lebih mengerti tentang Komponen Cpu di dalam komputer Anda.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Back To Top