Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer itu mempunyai arti adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan Protokol Komunikasi melalui media sehingga dapatsaling berbagi Informasi program-program penggunaan bersama perangkat keras seperti Printer, Harddisk dsb.

  • Manfaat Jaringan Komputer
Manfaat dari Jaringan Komputer ini adalah dapat berbagi sumber daya seperti : Printer, Data, Harddisk, dll. Dapat berkomuikasi seperti lewat E-mail, Chatting, Teleconference. Dapat juga untuk mengamankan data dan mengakses internet bersama-sama.

  • Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah komputer ini bertahap dari tahun ke tahun. Pada tahun 1940 satu komputer itu di pakai untuk bersama-sama dan pada tahun 1950 komputer itu melayani beberapa terminal --> Times Sharing System. Tahun 1970 Konsep distributed processing dimana terdapat beberapa host (server) yang saling berhubungan yang melayani beberapa banyak terminal. Dan pada tahun ke 1980-an Komputer telah melalui harga yang relatif murah sehingga dapat berkembang menjadi LAN ( Local Area Network, Internet, Jaringan Global ).

  • Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Jaringan Komputer memiliki jenis-jenis tersendiri yaitu :
  1. LAN ( Local Area Network ) 
  2. MAN ( Metropolitan Area Network )
  3. WAN ( Wide Area Network )
  4. Internet 
  5. Wireles
  • Tipe Jaringan Komputer 
Peer To Peer : Masing-masing komputer yang tersambung Jaringan Statusnya sama. 
Client Server : Ada 1 buah komputer server yang bertugas melayani permintaan oleh komputer client.

  • Topologi Jaringan Komputer 
Topologi Jaringan adalah suatu cara bagaimana membentuk / membuat suatu jaringan komputer. Selain itu Topologi Jaringan juga mempunyai berbagai macam. Macam-macam Topologinya adalah :
  1. BUS
  2. STAR
  3. TREE
  4. RING
  5. MESH
Nah itulah Pengertian Jaringan Komputer dan ditambah ilmu tentang Teknologi Komputer juga. Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Back To Top