Server Web

Server Web

Server Web atau jika kita inggriskan adalah web server dapat merujuk kepada perangkat keras maupun perangkat lunak. Server web ini menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP ataupun HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web. Penggunaan server web umumnya untuk menempatkan situs web. Namun pada kenyataannya server web ini tidak hanya untuk penempatan web saja tapi penggunaannya telah diperluas sebagai tempat penyimpanan data atau untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis. Selain itu ada pula fungsi Web server atau server web. Fungsi-fungsinya dapat Anda temukan di artike bawah ini.

Fungsi Web Server
Fungsi yang paling utama dari server web sendiri adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Selain itu fungsi dari server web itu juga untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait dengan hal-hal seperti teks, gambar, video, dan lain-lain termsuk segala yang ada di halaman web tersebut. Kenapa seperti itu? karena di dalam suatu halaman web itu banyak sekali berkas-berkas yang ada, seperti itu tadi ( teks, gambar, video, dan lain-lain ). Pengguna server web biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada seluruh server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, ataupun menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta itu tidak tersedia.

Pemanfaatan sever web saat ini tidak terbatas hanya untuk mempublikasikan web saja dalam Waring Wera Wanau. Pada kenyataannya, server web banyak digunakan dalam perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan HTTP dalam jaringan lokal yang ditunjukkan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermufah atas perangkat keras tersebut.

Nah sekian artike dari Teknologi Komputer yang membahas tentang Web Server. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda yang masih belajar tentang web-web atau Server web tersebut. Terima kasih atas kunjunganya. Pelajari juga tentang Pengertian Jaringan Komputer.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Back To Top